How To Manage a Company

Company
Management dapat saya artikan sebagai serangkaian proses organisasi dan koordinasi sebuah kegiatan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditentukan. Secara luas, saya mengartikannya sebagai proses perencanaan ( planning ), pengorganisasian ( organizing ), pengkoordinasian (leading), dan pengawasan / control ( controlling ) sumber daya dalam setiap kegiatan / organisasi untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
 
Secara umum, management melingkupi framework Planning, Organizing, Leading, dan Controlling. Beberapa strategic dalam memanage sebuah perusahaan :
 
1.      Tetapkan dan rencanakan apa yang hendak dicapai perusahaan. Jabarkan dan uraikan tujuan, visi dan misi perusahaan. Visi perusahaan dapat berupa kebutuhan perusahaan, pengembangan produk, atau penciptaan sesuatu yang baru yang berupa produk barang, jasa ataupun berupa target pendapatan.
2.      Lakukan analisa perusahaan. Analisa ini dilakaukan terhadap sumber daya perusahaan khususnya financial status. Lakukan penilaian terhadap financial status perusahaan. Dalam pengembangan produk baru, membutuhkan sejumlah sumber daya yang bisa dipastikan membutuhkan sumber daya keuangan / financal perusahaan. Adalah penting untuk selalu memastikan keadaan financial perusahaan dalam keadaan positif karena status financial yang buruk dapat mengancam going concern ( keberlangsungan ) perusahaan.
3.      Buat keputusan terkait usaha pemasaran. Aktivitas pemasaran biasanya dilakukan oleh sekelompok orang bahkan oleh sebuah departemen. Tentukan cara pemasaran yang akan dijalakan perusahaan dalam memasarkan produknya.
4.      Lakukan management sumber daya manusia / karyawan, seperti :
·         Lakukan perekrutan dan seleksi karyawan yang baik dan berkualitas.
·         Lakukan interview terhadap prospective karyawan
·         Memahami tentang aturan dan perundang-undangan ketenagakerjaan
·         Memahami karakter karyawan
·         Menetapkan aturan, etika, dan disiplin karyawan serta jobdesk masing masing karyawan.
·         Menciptakan lingkungan kerja dan komunikasi yang baik sehingga dapat meminimalisir dan menghindari konflik serta melakukan pendekatan yang berorientasi terhadap solusi dan tujuan perusahaan dalam menyelesaikan suatu masalah.
5.      Melakukan penilaian terhadap perkembangan perusahaan. Lakukan evaluasi perkembangan perusahaan secara regular, bisa mingguan, bulanan, atau triwulanan. Lakukan evaluasi tersebut untuk menilai financial dan non financial seperti penjualan, pemasaran, kondisi sumber daya manusia, dan hal – hal lain yang terkait dengan bisnis.
6.      Bila perlu, ambil beberapa kursus yang menunjang dalam management bisnis perusahaan serta untuk meningkatkan softskills personal ( kemampuan komunikasi, kemampuan dalam penyelesaian masalah, critical thinking, leadership sklill, dll. )

Nama: Olga Febriani
Kelas : 3PA01
NPM : 15512596


No comments:

Post a Comment