Artikel Perencanaan dan Pengorganisasian

 




Manajemen adalah ilmu dan seni yang mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusiadan sumber-sumber secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Manajemen adalah proses perencanaan, penetapan dan  pengorganisasian. Dalam artikel ini saya akan membahas tentang perencanaan dan pengorganisasian saja.
1.      Perencanaan
Perencanaan adalah pemilihan sekumpulan kegiatan dan pemusatan selanjutnya apa yang harus dilakukan, kapan, bagaimana dan oleh siapa. Perencanaan adalah proses dasar dimana manajemen memutuskan tujuan dan cara mencapainya. Pada artikel ini, pembangunan kesehatan membutuhkan perencanaan yang diharapkan dapat dilakukan secara tepat guna dan berhasil guna. Dalam perencanaan pembangunan kesehatan dibutuhkan koordinasi antar pihak dan sektor terkait pembangunan yang dilaksanakan. Dinas kesehatan DIY mengadakan Rapat Konsolidasi Teknis (Rakontek) Perencanaan Bidang Kesehatan Tahun 2015, sebagai langkah perencanaan pada rapt ini juga dilakukan desk mengenai permasalahan, kebutuhan dan langkah-langkah kebijakan kesehatan. Mereka telah melakukan perencanaan dengan sangat baik. Rapat dengan sektor-sektor yang dibutuhkan dalam pembangunan kesehatan merupakan tahap awal yang digunakan.

2.      Pengorganisasian
Pengorganisasian merupakan suatu proses untuk merancang struktur formal, mengelompokkan dan mengatur serta membagi tugas-tugas atau pekerjaan di antara anggota organisasi, agar tujuan organisasi dapat dicapai dengan efisien. Pada artikel ini tiap bagian sektor ataupun divisi menginput usulan ke aplikasi e-ranggar Kemenkes untuk ditindaklanjuti. Diharapkan dengan pembagian dan merancang atau membagi tugas pembangunan kesehatan dapat tepat sasaran dan berhasil.

No comments:

Post a Comment