Google Plus, Sosial Media Jagoan Google



   
Apa itu sosial media? Sosial media adalah sebuah media untuk bersosialisasi dengan orang di seluruh dunia dengan menggunakan akses internet. Sosial media untuk saat ini seperti suatu kebutuhan bagi manusia terlebih lagi dikalangan anak muda. Dan sepertinya untuk saat ini setiap orang pasti memiliki minimal 2 media sosial yang digunakannya. Memiliki media sosial itu memang baik karena membuat kita bisa bersosialisasi dan berinteraksi dengan siapa saja di seluruh dunia. Bukankah itu sungguh mengasikkan?. Di dalam media sosial kita juga hendaknya menjaga sopan-santun. Karena sesuatu yang kita tulis dalam media sosial dapat dibaca oleh masyarakat.
   
Teman-teman pasti tidak asing lagi dengan facebook, twitter, path, instagram, yahoo messenger, uber social, foursquare dan lain-lain. Bahkan mungkin teman-teman sudah memiliki beberapa media sosial yang saya sebutkan tadi. Dan sepertinya, saya rasa sudah banyak yang punya daripada yang belum. Nah, sekarang saya akan memperkenalkan dan membahas tentang sosial networking dari sebuah perusahan search engine terkemuka di dunia “Google”. Google menambah jaringan di dunia sosial network dengan membuat sosial network yang diberi nama Google+ atau Google plus. Google+ muncul pertama kali pada tahun 2010, di Amerika Serikat dan Canada. Tahun 2011, Google+ sudah bisa diakses oleh orang Indonesia. +1 merupakan ciri dari Google+ ini atau kalau di facebook kita mengenalnya dengan like. Banyak berita mengatakan bahwa kemunculan Google+ ini ingin mengalahkan facebook. Kalau secara tampilan dan penggunaannya memang mirip dengan facebook. Fitur-fitur yang digunakan juga sama.
       Saya mencoba untuk membuat akun Google+ dari aplikasi gmail saya. Banyak fitur dari Google+ yang mirip dengan situs jejaring sosial seperti Facebook. Pada google+ kita juga bisa menulis sesuatu yang kita pikirkan atau yang lebih kita kenal dengan sebuah status. Nah, pada Google+ kita bisa mimilih siapa yang akan membaca status kita baik itu untuk teman, keluarga ataupun umum. Circles, memungkinkan kita untuk mangatur kontak menjadi kelompok untuk berbagi sesuai dengan yang kita inginkan. Fitur ini hampir sama dengan pertemanan yang di facebook, hanya saja ini memberikan pengelompokan pertemanan yang lebih baik. Hangouts adalah tempat yang digunakan untuk memfasilitasi kita mengobrol dengan kelompok melalui video. Menu chat, terkadang pada media sosial lainnya kita sering diganggu oleh orang-orang yang iseng dan mengajak kenalan dan pastinya membuat kita terganggu dengan hal ini. Nah, pada fitur chat ini kita dapat mengaktifkan dan menonaktifkan menu obrolan, walaupun kita sedang berada di halaman Google+. Search Engine, menu pencarian di Google+ seperti Google.com, kita tidak perlumeninggalkan halaman beranda Google+ kita untuk mencari informasi yang kita inginkan. Youtube, kita dapat mengirim video atau menonton dari youtube dari akun Google+. Jadi, kamu dapat menyetel video yang ingin ditonton oleh taman-teman obrolan kamu. Pada Google+ kita jarang menemukan iklan-iklan yang kita anggap seperti spam. Pada Google+ juga terdapat Maps, Play, Gmail, ataupun Drive. Kamu dapat mencobanya satu-persatu. Menggunakan Google+ tidak susah, ini sama saja seperti kita menggunakan Facebook. Menurut saya, jika kamu menggunakan Google+ berarti sama saja kamu juga menggunakan Facebook. Tetapi, kalau saya perhatikan teman-teman pasti lebih banyak menggunakan Facebook daripada Google+. Pasti setiap media sosial memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pertama kali saya menggunakan Google+ saya juga masih terbayang-bayang akan facebook. Teman-teman obrolan pada Google+ juga sedikit, karena teman-teman saya banyak yang tidak menggunakan Google+. Saya mulai bosan untuk membukanya. Tetapi, sekali-kali saya juga membukanya. Jadi, ayo segera buat akun Google+ kamu.

No comments:

Post a Comment