Sistem Informasi Berbasis Komputer

            




              1. Jelaskan pengertian Sistem Informasi Berbasis Komputer minimal dari 3 sumber.
a.       Stairs (dalam Fatta, 2007 ) menjelaskan bahwa sistem informasi berbasis komputer (CBIS) adalah suatu organisasi komputer yang terdiri dari beberapa kompuonen-komponen pernagkat keras, perangkat lunak, database, prosedur,  dan manusia.
b.      Sistem Informasi Berbasis Komputer merupakan suatu sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan.
Diambil dari: http://www.academia.edu/6066367/Makalah_Sistem_Informasi_Berbasis_Komputer (diakses pada tanggal 18 November 2015. Pada pukul 21:01)

c.       Sistem Informasi Berbasi Komputer (CBSI) adalah sumber daya konseptual yang cara pengelolaannya dengan mengubah menjadi simbol-simbol yang memiliki nilai sehingga dapat dikalkulasi. Dan cara pengelolaanya dengan menggunakan bantuan mesin, dalam hal ini komputer.
Diambil dari : http://www.academia.edu/6066367/Makalah_Sistem_Informasi_Berbasis_Komputer (diakses pada tanggal 18 November 2015. Pada pukul 21:08)

              2. Jelaskan macam-macam sistem informasi berbasis komputer dibawah ini:
a.       Fokus data (SIA/EDP)
1)      SIA melaksanakan 4 tugas dasar yaitu; pengumpulan data, manipulasi data, penyimpanan data dan penyiapan data.
2)      Karakteristik SIA adalah melaksanakan tugas yang diperlukan, berpegang pada prosedur yang relatif standar, menangani data yang rinci, fokus histori dan menyediakan informasi pemecahan masalah yang minimal.
b.      Fokus informasi (SM)
Sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi pemakai dengan kebutuhan yang serupa. Integrasi manusia atau mesin yang menyediakan informasi untuk mendukung fungsi operasional manajemen dan pengambilan keputusan pada suatu organisasi.
c.       Fokus pada sistem pendukung keputusan (SPK)
Sistem komputer yang interaktif yang membantu oembuatan keputusan dalam menggunakan dan memanfaatkan data, model untuk memecahkan masalah yang tidak terstruktur.
d.      Fokus pada komunikasi (otomatisasi kantor)
Semua sistem elektronik formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi  informal ke dan dari orang-orang di dalam maupun di luar perusahaan. Berfungsi untuk memudahkan jenis komunikasi baik lisan maupun tulisan  dan menyediakan informasi yang lebih baik untuk pengambilan keputusan.
e.       Fokus pada konsultas (sistem pakar)
Program komputer yang berfungsi seperti manusia yaitu memberi konsultasi kepada pemakai mengenai cara pemecah masalah.
Sumber dari : http://ayu_ws.staff.gunadarma.ac.id  (diakses pada tanggal 18 November 2015, pada pukul 21: 15)

                 2. Jelaskan apa yang dimaksud:
a.       Pemrosesan Batch
Batch Processing adalah suatu model pengolahan data, dengan menghimpun data terlebih dahulu, dan diatur pengelompokkan datanya dalam kelompok-kelompok yang disebut batch. Tiap batch ditandai dengan identitas tertentu, serta informasi mengenai data-data yang terdapat dalam batch tersebut. Setelah data-data tersebut terkumpul dalam jumlah tertentu, data-data tersebut akan langsung diproses.
Sumber dari : http://www.infomugi.com/2013/04/pengertian-batch-processing.html (diakses pada tanggal 18 November 2015, pada pukul 22:00)
b.      Pemrosesan Online
Transaksi yang segera masuk, diproses dan prosesnya real time, dan transaksinya segera dibukukan.
Sumber dari : ayu_ws.staff.gunadarma.ac.id ( diakses tanggal 18 November 2014, pada pukul 22:10)
c.       Sistem Realtime
Mekanisme pengontrolan, perekaman data, pemrosesan yang sangat cepat sehingga output yang dihasilkan dapat diterima dalam waktu relatif sama.
Sumber dari : http://www.gurupendidikan.com/perbedaan-batch-online-real-time-processing-method/ (diakses tanggal 18 November 2015, pada pukul 22:15)

                 4.    Apa yang dimaksud dengan database
                  Database adalah koleksi dari data-data yang terkait secara logis dan deskripsi dari    ................. data-data tersebut yang dirancang untuk  memenuhi kebutuhan informasi dari suatu ..................organisasi.
..................Sumber dari: http://ict.binus.edu/metamorph/file/research/journaldberp.pdf (diakses pada ..................tanggal 18 November 2015, pada pukul 22:28)


Daftar Pustaka
Fatta, A. H. (2007). Analisis & Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi







No comments:

Post a Comment