Konsep Sehat



Life is more than food

"…man shall not live by bread alone; but man lives by every word that proceeds from the mouth of the Lord".  Deuteronomy 8:3b


 

       

Sehat (Health) secara umum  ini menurut WHO (1947), yaitu “Sehat adalah suatu keadaan yang sempurna baik fisik, mental dan  sosial  tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan”.


Sedangkan di Indonesia, UU Kesehatan No. 23/1992 menyatakan bahwa sehat adalah suatu keadaan sehat secara fisik, mental dan sosial dimana memungkinkan setiap manusia untuk hidup produktif secara sosial maupun ekonomis. World Health Organization (WHO,2001), menyatakan bahwa kesehatan mental merupakan kondisi dari kesejahteraan yang disadari individu yang didalamnya terdapat kemampuan-kemampuan untuk mengelola stress kehidupan yang wajar, untuk bekerja secara produktif dan menghasilkan, serta berperan secara komunitasnya.

Konsep Sehat dapat ditinjau berdasarkan sudut pasang yang berbeda, misalnya dipandang dari sudut fisik secara individu dan dipandang daari sudut ekologi. Konsep sehat secara fisik adalah jika seseorang tersebut memiliki organ tubuh yang berfungsi secara normal sesuai dengan umur dan jenis kelamin. Sedangkan konsep sehat secara ekologi adalah sehat berarti proses penyesuain individu dengan lingkungannya yang berjalan terus menerus dan berubah-ubah sesuai dengan perubah lingkungannya.

2. Sejarah Perkembangan Kesehatan Mental 

No comments:

Post a Comment