Dampak Sosial dari Iteraksi Manusia dan Internet



Internet merupakan sesuatu yang tidak asing kedengarannya bagi kehidupan manusia untuk saat ini. Mulai dari anak-anak sampai dewasa sudah bisa menggunakan internet. Dengan menggunakan internet kita dapat mencari informasi yang hendak kita ketahui. Media sosial yang kita gunakan saat ini seperti facebook, twitter, path, gmail, yahoo, dll merupakan bagian dari internet. Pasti salah satu dari media sosial tersebut kita telah memilikinya. Berarti, secara tidak langsung kita selalu terkoneksi dengan yang namanya internet.

Kemajuan teknologi informasi dalam jaringan sosial telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Karena kemajuan teknologi yang sangat pesat ini, sehingga kita dapat merasakan dampak sosial dari adanya  internet dalam kehidpan kita sehari-hari.  Dampak sosial nya dapat positif dan negatif.

    Dampak positif yang dapat kita rasakan adalah mendapatkan informasi dengan cepat di seluruh dunia, dapat berkomunikasi dengan orang lain dengan mudah, kemudahan untuk berbisnis, media pertukaran data dan informasi dengan orang lain.

   Selain dampak positif, internet juga memiliki dampak negatif yaitu mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu langsung, manusia menjadi tidak percaya diri, kontak sosial dengan kehidupan nyata jadi berkurang  karena dia menghabiskan waktunya didunia maya dan tidak mengeksplorasi dirinya didunia nyata dan kehilangan identitas dirinya.

Sebagai manusia kita diberi akal dan pikiran dan dapat membedakan mana yang baik dan buruk. Berarti kita juga dapat mengambil dampak positif daari penggunaan internet saat ini.

Beberapa tulisan mengenai tema yang sama :
Nurul Fatikah 
Qisthi Maya Atsari 
Rifa Rifdaturahmi

No comments:

Post a Comment