Manusia dan Cinta kasih


SOAL 1
Cinta menurut  Dr. Sarlito W. Sarwono memiliki tiga unsur, yaitu :

a. Keterikatan (cinta setia)
Maksud dari keterikatan disini adalah adanya  perasaan hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia, tidak mau pergi dengan orang lain kecuali dengan dia. Kalau janji dengan dia harus ditepati, ada uang sedikit beli oleh-oleh buat dia.

Contohnya :
Saya dengan Tuhan
-    Saya selalu berdoa dan beribadah kepada-Nya supaya saya selalu merasa  dekat dan selalu berada dalam lindungan-Nya. Karena saya percaya, saya memiliki Cinta sejati kepada-Nya.
-   Memberikan persembahan kepada Tuhan sebagai ucapan syukur atas berkat-nya dan menolong orang-orang disekitar saya.


b. Keintiman (Cinta Saudara)
Yaitu adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukkan bahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada jarak lagi.

Contohnya :
Saya dan sahabat
seperti saling menceritakan keluh kesah masing-masing dan ada disaat suka dan duka.

Saya dan saudara (kakak, abang, adik)
Makan dan minum satu piring-cangkir tanpa rasa risih, pinjam meminjam baju, saling memakai uang tanpa ada rasa berhutang, tidak saling menyimpan rahasia dan lainnya.

c.  Kemesraan (Cinta Rayuan)
Yaitu adanya rasa ingin membelai dan dibelai, rasa kangen kalau jauh atau tidak bertemu, adanya ucapan-ucapan yang mengungkapkan rasa sayang, dan seterusnya.

Contohnya :
Sepasang suami-istri
Sepasang suami-istri yang baru menikah pasti mengungkapkan rasa sayangnya dengan panggilan sayang, dan selalu ingin disayang dan menyayangi.

Saya dan orangtua
Saya kuliah dan  jauh dari orangtua. Setiap malam saya selalu nelfon orangtua, dan orangtua pun sebaliknya. Karena ada rasa kangen terhadap orangtua, lama tidak jumpa. Dan dengan menelepon ataupun dengar suara mereka rasa kangen itu sedikit terobati.


SOAL 2     
a.  Nilai estetik keindahan terbagi atas:
-  Nilai ekstrinsik : sifat baik suatu benda sebagai alat untuk sesuatu hal lainnya 
- Nilai intrinsik   : sifat baik dari benda yang bersangkutan atau sebagai suatu tujuan  ataupun demi kepentingan benda itu sendiri.

Contohnya :
1. Bernyanyi, nyanyian yang terdiri dari bahasa, irama dan menggunakan alat-alat musik disebut nilai ekstrinsik, sedangkan pesan yang ingin disampaikan penyanyi dalam nyanyian tersebut disebut nilai intrinsik.

2. Gerak-gerik pada tarian suatu daerah bisa diartikan menjadi nilai ekstrinsik, sementara pesan dan makna dari tarian tersebut (misalnya tari kepada leluhur) disebut nilai intrinsik.

b. Keserasian, artinya cocok (perpaduan, pertentangan, ukuran dan     seimbang), kena benar, dan sesuai benar. Atau Keserasian adalah kemampuan menata sesuatu yang dapat dinikmati orang lain karena indah. Keserasian itu dikatakan indah karena cocok, sesuai, pantas, serta keterpaduan beberapa kualitas.

Jadi, keserasian dalam keindahan mempunyai makna suatu kecocokan yang menghasilkan keindahan. Contohnya penghijauan yang dilakukan manusia adalah bentuk keserasian manusia dengan alam yang akan menghasilkan keindahan bagi bumi dan bagi manusia itu sendiri, dekorasi dalam rumah, rias pengantin, cara berpakaian, ataupun taman dengan aneka warna bunga.

SOAL 3 
Contoh penderitaan dalam kehidupan sehari-hari adalah dilingkungan saya beberapa waktu yang lalu sering terjadi kemalingan, masyarakat mulai resah dengan kejadian ini. Masyarakat pun mulai menyelidiki kejadian ini. Dan mulai beberapa malam dilakukan ronda secara bergilir. Hasilnya, maling pun tertangkap. Setelah diselidiki ternyata malingnya adalah para remaja yang tidak sekolah (nakal).  Sebab-sebab mereka mencuri karena mereka membutuhkan uang untuk bersenang-senang dengan teman-temannya. Pengaruhnya adalah masyarakat pun yang dulunya tidak terlalu was-was akan lingkungannya menjadi waspada karena kejadian ini. Tetangga lain dari desa sebelah takut berkunjung ke desa ini. Tapi semenjak malingnya sudah ditangkap masyarakat pun dapat hidup dengan tenang lagi dan pastinya tetap waspada.


Note:
Postingan ilmu budaya dasar yang lain bisa juga dilihat disini.

No comments:

Post a Comment